PROGRAM MAHASISWA KK - PPL DI SMAN 1 JEMBER
Lesson Study Mahasiswa PPL Universitas Jember
Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok
merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran,
mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk
mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan
dalam rencana pembelajaran berikutnya.
Fokus utama pelaksanaan lesson study
adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut
terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas.
Secara umum, tahapan dalam lesson study meliputi tiga, yaitu plan,
do, dan see. Secara teknis, ke tiga tahap tersebut dipaparkan sebagai berikut.
a.
Plan
(perencanaan pembelajaran)
Setelah sebelumnya melakukan
telaah kurikulum serta merumuskan tujuan pembelajaran dan tujuan pengembangan
siswa, langkah awal dalam rangkaian lesson
study adalah merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan dalam wujud
perangkat pembelajaran, termasuk di antaranya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP). Kegiatan ini dilakukan secara kolaboratif antara mahasiswa praktikan,
dosen pembimbing lapangan, dan guru pamong.
b.
Do
(pelaksanaan dan pengamatan pembelajaran)
Langkah ini dimaksudkan untuk
melaksanakan pembelajaran di kelas berdasarkan perangkat pembelajaran yang
telah disiapkan sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan oleh salah seorang dari
mahasiswa praktikan yang terlibat dalam kegiatan perencanaan pembelajaran
tersebut.
Bersamaan dengan pelaksanaan
pembelajaran, dilakukan pula pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran
tersebut. Pengamatan ini dilakukan oleh mahasiswa praktikan dalam satu bidang
studi yang sama, guru pamong, dan dosen pembimbing lapangan. Pengamatan dapat
pula melibatkan mahasiswa/guru dalam bidang studi serumpun maupun bidang studi
lain. Pada saat melakukan pengamatan (see),
perhatian difokuskan kepada perilaku
siswa di kelas (bukan pada aktivitas mengajar guru).
c.
See (refleksi
pembelajaran)
Setelah melaksanakan
pembelajaran dan mengamatinya, seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas
pengamatan melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji
tersebut dan menyempurkannya, serta merencanakan pembelajaran berikutnya. Dalam
tahap refleksi ini, pembahasan tidak dimaksudkan untuk mengomentari aktivitas
guru ketika melaksanakan pembelajaran, melainkan lebih diarahkan pada hasil
pengamatan terhadap perilaku siswa selama proses pembelajaran di kelas. Dengan
demikian tidak ada komentar terhadap perilaku guru ketika mengajar, namun diharapkan berdasarkan refleksi pengamat terhadap perilaku
siswa tersebut, guru model akan dapat merefleksi dirinya
sendiri.
Hasil maksimal akan diperoleh
apabila ke tiga tahap di atas dilaksanakan
secara utuh dan berkesinambungan. Melalui kegiatan lesson study ini kelemahan guru model pada setiap tahap
pembelajaran yang dilaksanakan dapat diperbaiki dan disempurnakan. Untuk lebih
memudahkan pemahaman, tahapan tersebut di atas diilustrasikan pada bagan
berikut.
Berikut ini adalah beberapa dokumentasi proses pelaksanaan
Lesson Study yang dimodelkan oleh Ibu Nurul Habibatul Ummah di kelas X1 dengan
pokok bahasan Logika Matematika.
0 komentar:
Posting Komentar