Rabu, 05 Juni 2013

KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA KK - PPL

KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA KK - PPL


Kuliah Kerja Pemantapan Pengalaman Llapanagan Kerja (KK –PPL)  bidang pengajaran merupakan bagian dari KK – PPL yang merupakan titik kulminasi bdari seluruh bidang pendididkan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa pada program S1 – PGSM FKIP Universitas Jember yangt berfungsi untuk membekali mahasiswa dalam keterampilan menyusun perangkat pembelajaran, melakukan praktik pembelejaran yang sesuai dengan RPP, keterampilan mengobservasi pembelajaran dan melakukan refleksi  serta meyusun laporannya.

Pelaksanaan PPL itu sendiri terdiri dari beberapa tahap. Tahap obervasi, perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Tahap observasi /orientasi lapangan dilakukan pada minggu pertama saat mahasiswa diterjunkan di sekolah untuk PPL selama 3 bulan. Tujuannya adalah agar mahasiswa calon guru familiar dengan lingkungan semolah tempat praktek, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dan merasa nyaman di sekolah tempat praktik.

Tahap Perencanaan adalah menyususn rencana kegiatan PPL. Perencanaan kegiatan KK – PPL yang paling uatama adalah penyusunan RPP. Sebelum menyusun RPP, mahsiswa perlumenetapkan permasalahan pembelajaran pada suatu bidang studi di suatu kelas.

Tahap selanjutnya adalah Pelaksanaan.  Pada tahapan ini, terdapat dua kegiatan utama, yaitu : (1) Kegiatan praktik pembelajaran yang dilakukan oleh salah seorang mahasiswa untuk mempraktikkan RPP yang telah disusun. (2) Kegiatan Pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh anggota kelompok dan guru pamong.

Tahap terakhir adalah Tahap Refleksi. Tahap refleksi dilaksanakan setelaj selesai praktik/pelaksanaan pembelajaran dan observasi. Tahapan ini merupakan refleksi dari proses pembelajaran yang baru saja dilaksanakan berdasarkan analisis hasil pengamatan dari para obsever dan guru pamong.
Berikut ini adalah dokumentasi proses pembelajaran mahasiswa PPL di dalam kelas

Proses Pembelajaran di XI IPA 2









Proses Pembelajaran di X1

0 komentar:

Posting Komentar