KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA KK - PPL
Kuliah Kerja Pemantapan Pengalaman Llapanagan
Kerja (KK –PPL) bidang pengajaran
merupakan bagian dari KK – PPL yang merupakan titik kulminasi bdari seluruh
bidang pendididkan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa pada program
S1 – PGSM FKIP Universitas Jember yangt berfungsi untuk membekali mahasiswa
dalam keterampilan menyusun perangkat pembelajaran, melakukan praktik
pembelejaran yang sesuai dengan RPP, keterampilan mengobservasi pembelajaran
dan melakukan refleksi serta meyusun
laporannya.
Pelaksanaan PPL itu sendiri terdiri dari
beberapa tahap. Tahap obervasi, perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Tahap
observasi /orientasi lapangan dilakukan pada minggu pertama saat mahasiswa
diterjunkan di sekolah untuk PPL selama 3 bulan. Tujuannya adalah agar
mahasiswa calon guru familiar dengan lingkungan semolah tempat praktek,
sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dan merasa nyaman di sekolah tempat
praktik.
Tahap Perencanaan adalah menyususn rencana
kegiatan PPL. Perencanaan kegiatan KK – PPL yang paling uatama adalah
penyusunan RPP. Sebelum menyusun RPP, mahsiswa perlumenetapkan permasalahan
pembelajaran pada suatu bidang studi di suatu kelas.
Tahap selanjutnya adalah Pelaksanaan. Pada tahapan ini, terdapat dua kegiatan
utama, yaitu : (1) Kegiatan praktik pembelajaran yang dilakukan oleh salah
seorang mahasiswa untuk mempraktikkan RPP yang telah disusun. (2) Kegiatan
Pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh anggota kelompok dan guru pamong.
Tahap terakhir adalah Tahap Refleksi. Tahap
refleksi dilaksanakan setelaj selesai praktik/pelaksanaan pembelajaran dan
observasi. Tahapan ini merupakan refleksi dari proses pembelajaran yang baru
saja dilaksanakan berdasarkan analisis hasil pengamatan dari para obsever dan
guru pamong.
Berikut ini adalah dokumentasi proses pembelajaran mahasiswa PPL di
dalam kelas
Proses Pembelajaran di XI IPA 2
Proses Pembelajaran di X1
0 komentar:
Posting Komentar